Selasa, 18 Januari 2011

Persiapan Menjadi Programmer

Banyak orang mengingikan menjadi seorang Software Engineer, tapi terkadang kebingungan hal apa yang harus dipelajari. Karena tentu saja menjadi Software Engineer / Programmer itu tidak mudah. Tugas seorang programmer itu merupakan tugas paling susah kedua setelah orang yang membuat komputer (saya tidak tau disebut apa :D ).
OK saya akan memberikan sedikit hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang programmer sejati (bukan instan). Seorang programmer tidak harus pintar, yang terpenting itu kreatif, inovatif dan yang paling utama adalah semangat.
KREATIF, programmer akan dituntut untuk selalu membuat/menambahkan hal baru dari sebuah karya software yang akan/telah dibuat.
INOVATIF, programmer harus bisa memperkirakan apa yang bisa memuaskan user dengan software yang akan/telah dibuat.
SEMANGAT, dunia teknologi terutama komputer itu selalu berjalan up to date. Jadi tidak mungkin unsur yang ada di dalamnya itu tidak mengikuti perkembangan komputer. Programmer harus semangat untuk mempelajari hal baru pada dunia komputer. Setelah itu programmer harus semangat untuk menyelesaikan software yang akan dibuat.
Setelah itu, berikut hal yang harus dipelajari anda sebagai calon programmer :
  1. Mengenal dunia komputer. Ini tentu saja yang akan menjadi hal utama untuk seseorang jika ingin menjadi salah satu unsur dari dunia komputer.
  2. Belajar Algoritma.
  3. Algoritma berfungsi untuk melatih anda untuk mengurutkan permasalahan dari mulai (BEGIN), sampai selesai (END).
  4. Belajar Penalaran Analitik. Sebenarnya ini masuk kedalam pembelajaran algoritma. Penalaran Analitik akan membantu anda untuk menyelesaikan masalah dengan cara menganalisa proses-proses pada permasalahan tersebut.
  5. Belajar FlowChart. Akan mengajari anda membuat sebuah skema sebuah masalah/program berjalan dari BEGIN, PROSES, sampai END.
  6. Belajar bahasa pemrogramman Dasar. Bagian ini hanya akan memancing anda untuk memahami bahasa pemrogramman lanjutan yang akan anda perdalam. Namun bahasa pemrogramman dasar ini juga dapat anda perdalam jika memang anda lebih tertarik pada bahasa tersebut. Contoh bahasa pemrogramman dasar yaitu : Pascal, Basic, C, dan lain-lain
  7. Memilih dan Memperdalam bahasa pemrogramman lanjutan. Menjadi programmer itu lebih baik bisa satu bahasa tetapi sangat menguasai, daripada banyak bahasa tapi setengah-setengah. Tapi tidak ada salahnya juga mempelajari lebih dari satu bahasa.

0 komentar:

Poskan Komentar